oleh

Upaya Penyeludupan Ratusan Ribu Ekor Benih Lobster”, di Gagalkan Oleh Petugas

BANYUWANGI-ekspresinusantara.id Berkat informasi warga masyarakat, Satuan Reskrim Purwoharjo bersama Tim gabungan Resmob Polresta Banyuwangi, gagalkan upaya penyelundupan 40.000 ekor benih lobster(benur) senilai Ratusan juta, di Dusun Curahpalung, rt 04 rw 03 Desa Kradenan, Kecamatan Purwoharjo, Kapubaten Banyuwangi. Minggu(01/08/2021)

“Saksi kejadian “Yudi ketika mau sholat shubuh selaku, warga area Curahpalung menjelaskan, kemungkinan pelaku bingung dan ketakutan ‘Mas’ dalam pengejaran petugas soalnya didalam membawa barang “Benih lobster” yang saat ini target aparat kepolisian, lalu mobil ditinggal di area Persawahan dan pelaku melarikan diri.”ucapnya.

“Dengan adanya kejadian mobil Brio terpakir mencurigakan ini kami sebagai warga masyarakat segera melapor Rt setempat lalu menghubungi petugas polsek , beberapa saat kemudian satuan Polsek Purwoharjo besama Tim Resmob Reskrim Polresta Banyuwangi langsung mendatangi tempat kejadian perkara (tkp).”terangnya.

Kapolsek Purwoharjo ketika dikonfirmasi melalui Kanit Reskrim “Iptu Agus Suhartono, mengatakan penemuan satu buah mobil Brio putih ber Nopol P 1163 GI ini ditemukan warga ketika berangkat sholat shubuh pukul 04 subuh , mobil mencurigakan ini berawal melewati gang rumah salah satu rumah warga sedikt agak kenceng sekitar pukul 3 subuh kejalan masuk kearea persawahan Curahpalung, Desa Kradenan, yang akhirnya terpakir mobil Brio putih pemilk yang tidak jelas,tak warga langsung menghubungi kamj kepolisaian terdekat.” jelasnya.

“Benih lobster yang diamankan yang belum jelas pemiliknya ini berasal dari arah selatan Desa Purwoharjo ini menurut info warga area curahpalung, sangat mencurigakan jam subuh masih area kampung dengan suara gas yang lumayan kenceng, yang pada akhirnya terpakir di belakang rumah warga arah masuk area persawahan tanpa tidak jelas pemilikya ,” ujarnya.

Sebelumya tim gabungan melakukan patroli karena sebelumnya sudah mendapat informasi dan antisipasi penyelundupan benih lobster di Jalan Lintas Desa Karetan, mencurigai satu mobil diduga mengangkut benur dalam pengejaran lalu menghilang , yang hasilnya ditemukan 3(tiga) kotak putih berisi kantong benur tanpa dokumen resmi dengan total 40.000 ekor benih lobster,”ucapnya.

“Benih lobster sementara langsung diamankan satuan Resmob di Polresta Banyuwangi beserta mobil Brio Putih untuk diperiksa lebih lanjut,” tegasnya.

“Iptu Agus menjelaskan para pelaku sedang dalam penyelidikan , diduga pelaku melanggar undang-undang RI Nomor 31 Tahun 2004 junto UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang perikanan.

“Maka itu kami bergabung dengan satuan Resmob Polresta Banyuwangi terus memperketat koordinasi di jalur-jalur yang berpotensi dimanfaatkan para penyelundup ini,” pungkasnya.(sg)

Komentar

Berita Terkait