oleh

UMKM Kreatif Sumberasih Lakukan Sharing Motivasi Dan Pemantapan Program Kerja 2022

PROBOLINGGO,Ekspresi Nusantara’id-Puluhan pelaku UMKM di Kecamatan Sumberasih yang tergabung dalam UMKM Kreatif Sumberasih melakukan sharing motivasi dan pemantapan program kerja tahun 2022 di Kafe Kama Probolinggo, Sabtu (25/12/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto, Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur Habib Mahdi dan Kasi Perekonomian Kecamatan Sumberasih Erna Dewi Ninuk Setiawati.

Sharing motivasi dan pemantapan program kerja tahun 2022 ini diikuti oleh 23 orang anggota UMKM Kreatif Sumberasih. Dalam kegiatan tersebut mereka mendapatkan motivasi dari Ketua Forum UKM Provinsi Jawa Timur Nico Trisno Prahoro.

Ketua UMKM Kreatif Sumberasih Nur’aini Mufidah menyampaikan kegiatan ini bertujuan supaya pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Sumberasih bisa maju karena merupakan UMKM pemula yang mandiri.

“Melalui kegiatan ini, harapan kita pelaku UMKM semoga bisa berkolaborasi dan mendapatkan support dengan instansi terait mulai dari Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur hingga pusat,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Kasi Perekonomian Kecamatan Sumberasih Erna Dewi Ninuk Setiawati. Menurutnya, pelaku UMKM Kreatif Sumberasih ini merupakan para pelaku usaha pemula yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi untuk maju.

“Mohon dukungan dan motivasi supaya bisa mewujudkan UMKM di Kecamatan Sumberasih yang bisa berdaya saing. Meskipun mandiri, tetapi tetap membutuhkan support dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.
Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengungkapkan para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Sumberasih ini mempunyai semangat yang tinggi untuk bisa maju.

“UMKM ini sangat dibutuhkan sekali di tengah-tengah masyarakat karena geliatnya terhadap perekonomian masyarakat sangat luar biasa. Di masa pandemi Covid-19 ini, UMKM mendapatkan perhatian yang luar biasa dari pemerintah, salah satunya dengan pemberian bantuan usaha produktif bagi pelaku UMKM,” ujarnya

Menurut Anung, UMKM ini sudah harus bangkit setelah sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Bagaimana pelaku UMKM ini bisa mandiri. Tetapi meskipun demikian, pelaku UMKM harus berupaya untuk melengkapi legalitas usahanya.

“Untuk legalisasi, usaha ini harus berijin dengan mempunyai NIB (Nomor Induk Berusaha). Mudah-mudahan UMKM kreatif ini harus benar-benar kreatif dan bisa memotivasi UMKM yang lain,” terangnya.

Sedangkan Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur Habib Mahdi menyampaikan apresiasi terhadap pelaku UMKM Kreatif Sumberasih yang mampu mandiri untuk bisa berkembang. Tetapi ke depan pihaknya akan berupaya bagaimana ke depan bisa lebih berkembang lagi melalui program-program yang ada di Provinsi Jawa Timur.

“Harapannya UMKM yang ada di Kecamatan Sumberasih bisa lebih bangkit dan bisa lebih mandiri. Saya akan berupaya memberikan akses terkait dengan program yang ada di Provinsi Jawa Timur, baik bantuan langsung maupun secara ilmu,” katanya. (HMS/suh)

Komentar

Berita Terkait