oleh

Terkait Penegakan Perundang Undangan Lingkungan Hidup, DLH Sosialisasikan Peraturan Pemerintah

PROBOLINGGO, EkspresiNusantara.id -Berbagai upaya dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Probolinggo dalam memberikan pemahaman dan wawasan pada masyarakat terkaiit lingkungan hidup,terus dilakukan. Minggu, (05/12/2021).

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala DLH kota Probolinggo, Drs Rachma Deta Antariksa MM menurutnya, kegiatan ini sebegai bagian dari upaya dinas yang dipimpinnya dalam memberikan pemahaman pada masyarakat,”ucapnya,

“khususnya para pelaku usaha untuk selalu peduli terhadap lingkungan termasuk memperhatikan pengelolaan limbah yang dihasilkan oleh usahanya,”jelas Rachma,

Acara yang mengundang sejumlah perwakilan Perusahaan dan Pelaku usaha yang ada diwilayah kota Probolinggo ini dan dipandu Prasojo Bayu, Ph.D, Kabid Penataan LH kota Probolinggo.

Dalam pemaparannya, narasumber menyampaikan, berbagai aturan utamanya Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 202 Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“menurutnya kerusakan lingkungan disebabkan dari berbagai kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan diantaranya pencemaran domestik sampah, Kontaminasi limbah B3.

“untuk itu diterapkanlah penegakan hukum berkaitan lingkungan ini dengan yang mengikat agar masyarakat tidak sembarangan melakukan aktifitas yang cenderung berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan.”Ujarnya.

Prasojo Bayu juga, menambahkan ada sejumlah penerapan instrument penegakan hukum perapan sanksi adminstrasi, Penegakan Hukum Perdata (PSLH) dan Penegakan Hukum Pidana.

“terkait pemberlakuan penerapan penegakan hukum ini tentunya melalui mekanisme pengawasan oleh instansi terkait memberikan rekomendasi tindak lanjut penegakan hukum sesuai dengan UU no. 22 tahun 2021.”tambahnya.

Selain menyajikan materi dalam bentuk pemaparan, narasumber juga memberi kesempatan pada para undangan untuk mengajukan pertanyaan sesuai tema dalam sesi Tanya jawab.

Sementara Kepala LH kota Probolinggo Rachma Deta Antariksa saat diminta terkait kegiatan tersebut mengatakan, bahwa merupakan salah satu program dari DLH dalam memberikan masukan pada warga kota Probolinggo untuk terus memahami dan mematuhi terkait dengan Pengelolaan Lingkungan yang ada disekitarnya

“karena potensi pencemaran lingkungan ini lebih banyak disebabkan karena adanya aktifitas yang dilakukan manusia, sehingga perlu adanya kepedulian dari masyarakat utamanya para pelaku usaha untuk memperhatikan dampak yang ditimbulkan dari aktifitas mereka.”tegasnya. (Suh)

Komentar

Berita Terkait