oleh

PROGRAM PELANGI INOVASI DARI DISPENDUKCAPIL BANYUWANGI

EKSPRESINUSANTARA.id, Banyuwangi- Pemerintahan Desa Kedung Gebang, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi menggelar acara program jemput bola layanan administrasi Kependudukan Banyuwangi(PELANGI).

Program Pelangi merupakan Inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil(Dispendukcapil) Kabupaten Banyuwangi untuk meningkatkan pelayanan publik serta mendekatkan pelayanan kedesa -desa.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banyuwangi , Djuang Pribadi, saat ditemui awak media pada (26/09/2022) mengatakan, bahwasannya program Pelangi tersebut merupakan gelaran hari pertama yang diawali pada hari pertama sekitar pukul 08.00 pagi WIB.

“Acara ini digelar selama dua hari, dan Alhamdulillah sedikitnya sudah ada sekitar 700 orang yang akan terlayani,” ungkap Djuang.

Lebih lanjut Djuang menyampaikan, bahwa program tersebut manfaatnya untuk pembaharuan data adminduk.

“Dalam kegiatan program Pelangi ini banyak warga yang memanfaatkan untuk pembaharuan Kartu Keluarga(KK) termasuk Kartu Identitas Anak (KIA), akte Kelahiran dan KTP elektronik, dan bahkan untuk membuat akte kematianpun juga bisa dilayani,” jelasnya.

Sementara ditempat yang sama Priyo Santoso, Anggota Dewan dari fraksi PKB saat diwawancarai awak media mengatakan, program Pelangi adalah inovasi dari Dispendukcapil.

“Program Pelangi itu tidak hanya inovatif tetapi juga sangat kreatif, program Pelangi langsung dengan cara turun kebawah jemput bola hingga kemasyarakat dilapis bawah didesa-desa,”tuturnya.

Reporter; Windri K.

Komentar

Berita Terkait