oleh

Mengaku Punya Ilmu Mendatangkan Uang Ternyata Penipu

Banyuwangi, Ekspresinusantara.id – Kepolisian Polsek Cluring bersama Resmob Banyuwangi selatan menangkap satu pelaku penipuan dengan modus memiliki ilmu bisa mendatangkan uang, Minggu (21/3/2021).Pelaku bernama Muhdariyanto alias Gus Muhdar (45 tahun) warga Dusun Sidoluhur,Desa Sepanjang, Kecamatan Glemore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dikonfirmasi media ini Kapolsek Cluring Akp B.Madrias D. SH,melalui Kanit reskrim Ipda Edi Jaka Supa’at SH mengungkapkan, tersangka telah menipu korban dengan cara meyakinkannya bahwa pelaku dapat mendatangkan sejumlah uang dalam jumlah yang cukup banyak,” Ujar Ipda Edi Minggu, (21/3/2021).

Korban bernama Junaidi (48 tahun) warga Dusun Bulurejo, Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo.Tipu muslihat pelaku setelah meyakinkan korban, meminta sejumlah uang dan satu Yunit sepeda motor Nmax dengan nomor pol P 4046 RJ barang tersebut untuk kepentingan ritual dan untuk mendatangkan uang lebih banyak lagi,”Namun semua itu hanyalah tipuan mereka belaka,” Ungkapnya.

Edi juga menegaskan, korban menyerahkan sejumlah uang kepada Gus Muhdar secara bertahap. Oleh pelaku, uang tersebut dipergunakan untuk membeli peralatan untuk ritual mendatangkan uang di kuburan.

“Pelaku melakukan ritual di tempat pemakaman umum atau kuburan,hingga Junaidi dibuat tidak berdaya hingga menuruti segala yang diperintahkan oleh pelaku,” Tandasnya.

Korban telah menyerahkan sepeda motornya dan beberapa uang mencapai jutaan rupiah dan karena baru sadar bila dirinnya habis kena tipu muslihat oleh Muhdor korban langsung melapor di polsek Cluring, “Terangnya.

“Begitu pihak kami mendapatkan laporan dari korban dan kami melakukan pengembangan langsung menerjunkan yunit reskrim Polsek Cluring yang dibantu Resmob Banyuwangi selatan bergerak cepat untuk menangkap dan mengamankan pelaku,” Tegasnya.

Setelah diamankan dan diinterogasi, pelaku mengakui segala yang diperintahkan dan ritual yang dilakukan kepada korban adalah hanya tipuan belaka, “Mereka melakukan tipuan agar mendapatkan uang dari korban,” Katanya.

Polisi pun menyita beberapa barang bukti, di antaranya adalah dua buah songkok, dan satu buah golok.

Atas perbuatannya,tersangka akan dikenai Pasal 378 atau 372 KUHP. tentang penipuan. Ancaman hukumannya adalah selama-lamanya empat tahun penjara. (Im)

Komentar

Berita Terkait