oleh

Inovasi SMKN2 Kota Probolinggo Dalam Pendidikan Karakter Demi Terciptanya Siswa Berprestasi

Probolinggo,Ekspresi Nusantara’id-Mencitakan satu kondisi yang mengarah pada sebuah kemajuan merupakan program yang menjadi prioritas dihampir semua lembaga pendidikan. Hal ini juga yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 kota Probolinggo dalam program pendidikan karakter pada siswanya.

 

Berbagai terobosan dilakukan oleh lembaga pendidikan ini, dengan maksud memberi pemahaman secara global sehingga akan menumbuhkan karakter siswa yang mandiri penuh prestasi. “Salah satu bentuk pembinaan pendidikan karakter di SMKN 2 ini dan memang di SMKN 2 kegiatan ekstra kurikuler anak-anak mengarah pada prestasi.

Harapannya dengan banyaknya kegiatan disekolah, anak-anak setelah sampai dirumah langsung istirahat dan itu seperti yang dikehendaki oleh pihak sekolah.”Ujar Warnoto S.Pd, M.Pd Kepala Sekolah SMKN2.

 

Lebih lanjut Kepala Sekolah ini menambahkan terkait dengan fasilitas yang ada di sekolah ini. Salah satunya masjid yang saat ini telah digunakan untuk kegiatan siswa dalam hal pembinaan pendidikan karakter. Implementasi kompetensi siswa dari masing-masing jurusan yang diwujudkan dalam bentuk WFG (Water Founten Game) jadi berupa air mancur yang bisa menari sesuai dengan musik.

 

“Kemudian peningkatan sarana pembelajaran praktek siswa, peralatan juga disesuaikan agar tidak tertinggal jauh dengan peralatan yang ada di industri. Lalu ada program dari sekolah untuk guru yang mengarahkan dan berorientasi pada metode pembelajaran secara kekinian.”tambah Warnoto.

 

Selain peningkatan yang berhubungan dengan pendidikan, ternyata berbagai terobosan juga Nampak disekolah ini dan diantaranya pintu gerbang atau masuk ke sekolah ini yang dibangun sedemikian rupa, sehingga Nampak kemegahan yang ada di lembaga kejuruan ini.

 

Tak berlebihan jika setiap tahun ajaran baru, sekolah ini selalu diminati oleh orang tua untuk menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan tersebut, mengingat lulusan dari SMKN2 mampu menjadi figur selain dengan kemampuan dalam akademik, juga menguasai teknik sesuai dengan jurusan masing-masing sehingga siap berkarya dilapangan.

 

Prestasi ini tidak hanya pada siswa, namun tenaga pengajar atau guru disekolah ini juga sarat dengan prestasi. Hal ini seperti yang terpantau pada catatan prestasi guru yang kami pantau disekolah tersebut.

Adapun prestasi yang dimaksud antara lain pada Tanggal 24 November 2021 memenangkan lomba Daur Ulang tingkat Provinsi Jawa Timur yang diikuti guru dan Tenaga Kependidikan Creative Camp (GCC).

Kemudian ditingkat yang sama mennjadi juara 3 pada lomba Urban Agriculture SMK dan 25 November 2021 sebagai juara 3 Lomba Penulisan Artikel dalam rangka memeriahkan HUT PGRI ke 75 di kota Probolinggo.

 

Pada 05 Maret 2021 menjadi juara 1 pada ajang lomba Maket SMA/SMK/sederajad Nasional yang diadakan Universitas Widyagama Malang. 10 Maret 2021 menjadi juara 1 lomba LKS Wilker 2 bidang lomba Refrigeration and Air Condistioning tingkat Jatim, ditanggal yang sama juara 1 LKS Wilker 2 bidang lomba CNC Turning tingkat provinsi Jatim.

 

Disusul Pada 29 Maret 2021menjadi juara 1 pada Lomba MTQ yang diadakan Kemenag kota Probolinggo, 09 Juni 2021 sebagai juara 1 lomba LKS SMK tingkat Provinsi Jatim ke XXIX yang diadakan Dispnedik Jatim.

Disusul kemudian pada 03 September 2021 juara 1 lomba membuat Vlog dalam rangka hari jadi kota Probolinggo ke 662 tahun 2021.

Tanggal 29 Oktober 2021 menjadi juara 3 pada lomba LKS Nasional ke XXIX bidang lomba Electrical Installation yang diadakan Kementerian Pendidikan RI serta sebagai juara 1 lomba Tari Kontemporer yang diadakan Universitas Panca Marga.
01 November 2021 menyabet juara 2 Lomba Musik islami semarak Hari Santri Nasional ke VII tahun 2021 yang diadakan Diknas kota Probolinggo.

 

Sederet prestasi ini patut mendapat apresiasi dan pengakuan dari semua pihak bahwa SNKN 2 kota Probolinggo menjadi lembaga pendidikan yang tidak pernah absen mencetak siswa berprestasi. (suh)

Komentar

Berita Terkait