oleh

HEBOH:Kawanan Puluhan Hiu Tutul Muncul diperairan Utara Probolinggo

PROBOLINGGO,ekspresinusantara.id-Sejumlah kawanan Hiu tutul atau disebut Rhincodon Typus mulai bermunculan di perairan laut utara Probolinggo.Kawanan Hiu Tutul keperairan Probolinggo tersebut untuk mencari makanan berupa Plankton.seperti halnya yang ada sekitar 1 km perairan Utara pantai Kecamatan Dringu,Jum’at (07/01/2022) sore.

Kemunculan mamalia laut yang dilindungi tersebut,tidak membuat para nelyan takut untuk melaut.selain jinak,kawanan puluhan ekor Hiu tutul tersebut seringkali menghampiri perahu para nelayan.

Hermanto (32) seorang nelayan asal Desa Dringu menuturkan bahwa kemunculan kawanan Hiu Tutul tersebut sudah sering terjadi,apalagi pada musim hujan seperti saat ini.

“Kawanan Hiu Tutul itu ke tepian sini mungkin untuk cari makan,diperairan sini kalau musim penghujan kan banyak Plankton.”jelas Herman pada media ekspresinusantara.id Probolinggo.Sabtu (8/01) pagi.

Penjelasan serupa juga diungkapkan oleh Kepala Seksi Vl Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA), Mamat Ruhimat. Menurutnya, kemunculan kawanan Hiu Tutul diperairan Utara Probolinggo diduga banyaknya plankton, apalagi musim hujan.

Menurutnya,jenis Hiu Tutul tersebut merupakan golongan hewan yang jinak.namun dirinya menghimbau masyarakat dan para nelayan untuk tetap berhati-hati saat ada kawanan spesies tersebut mendekat.

“Sekalipun jinak,saya harap untuk tetap berhati-hati.Jika Kawanan Hiu Tutul tersebut mendekati perahu,jangan di ganggu.”jelasnya

Ditempat terpisah,Kasatpolair Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno berharap para nelayan juga ikut melindungi dan menjaga keberadaan Hiu Tutul tersebut.

“Ini merupakan salah satu spesies laut yang hampir punah,jadi marilah kita bersama-sama menjaga kelestariannya agar tidak punah.”jelas AKP Slamet

Idrus

Komentar

Berita Terkait