oleh

FSKB Ajak Semua Kades Lebih Baik Dalam Penyelenggaraan Pembangunan di Desa

Banyuwangi, Ekspresinusantara.id – Kepala Desa (Kades) merupakan sebagai ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintah daerah yang ada di desa. Oleh karena itu Kades dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih, sehingga mampu mengakomodir kepentingan warga masyarakat.Karena itu pula, peran dari Kades berada pada posisi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan otonomi daerah.

Hal tersebut disampaikan Iryanto, SH Ketua komisi I DPRD Kabupaten Banyuwangi, dalam arahannya menyampaikan, tugas yang cukup berat diemban oleh Kades mestinya dibantu oleh segenap komponen masyarakat untuk bersama-sama menyelenggarakan otonomi desa tersebut dalam usaha mencapai kesejahteraan masyarakat. Selain itu Kepala Desa juga yang merupakan administrator pemerintah, administrator masyarakat dan administrator pembangunan yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan, menggerakkan dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut aktif dalam kegiatan pembangunan desa.”Tegas wakil rakyat dari politisi PDIP. Rabu, (7/4/2021).

Sementara Kades Sarongan Riyanto SH yang juga selaku Ketua FSKB berharap agar semua Kepala Desa bekerja sungguh – sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugasnya serta sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku. Sebagai unsur pemerintah hendaknya selalu bekerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan kemasyarakatan di tingkat desa. Kepala Desa harus dapat menjalankan seluruh prosedur dan mekanisme pengelolaan keuangan desa agar lebih efektif, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan secara baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku” Papar Kades asal Desa Sarongan itu.

Lebih lanjut Riyono mengatakan,kami berharap Kepala Desa seluruh Bumi Blambangan ini dapat bekerja dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing. serta tingkatan pelayanan serta wajib mensejahterakan wargannya.

Dalam pelaksanaan pembangunan desa agar dilaksanakan musyawarah terlebih dahulu agar mendengar aspirasi dari masyarakat dengan tidak melupakan nilai integritas dan moralitas. Karena, integritas dan moralitas sangat penting untuk menjamin kepemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa. Pemimpin harus bertanggungjawab atas apa yang dilakukan dan tidak dilakukannya untuk mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan dalam organisasi.” Imbuhnya.

Ketua FSKB juga menegaskan,dibentuk dan diselenggarakan FSKB tidak lain untuk menjalin silathurahmi antar sesama Kades bila ada sesuatu perihal yang terkait hukum dimusyawarahkan di FSKB karena forum ini milik dan wadahnya Kades seluruh Kabupaten Banyuwangi.” Pungkasnya.

Acara FSKB bertempat di pendopo Balai Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar yang dihadiri sebanyak 125 Kades se -Kabupaten Banyuwangi. (tim)

Komentar

Berita Terkait